Minggu, 01 Februari 2009

Profil Panti Asuhan, Bimbingan Muallaf dan Rumah Tahfidz Riyaadlul Jannah Baiturrahman


1.        SEJARAH SINGKAT

Bermula dari kumpul-kumpul ibu-ibu pengantar anak  sekolah di TK dan SD H Isriati, yang semula hanya    sekedar mencari teman ngobrol,  berlanjut  mencari temen yang senada, yang akhirnya  secara alami terbentuk kelompok-kelompok sesuai komunitas  masing-masing.   Dari berbagai kelompok tersebut, salah satunya adalah kelompok yang ingin belajar mengaji.
Dari mulai alib bak tak, ibu-ibu  menjalin komunitas sekaligus mengisi waktu dalam rangka menunggu anak sekolah. Seiring dengan berjalannya waktu, peserta komunitas pengajianpun mengalami pasang surut iman dan pesertanya. Namun karena pemain wataknya masih tetap bertahan, maka meskipun pesertanya silih berganti,  telah banyak kegiatan yang bermanfaat bagi orang lain yang dilakukan, diantaranya adalah menyantuni anak yatim dan memberikan bantuan pada hari-hari besar Islam bagi para duafa.

Dari komunitas pengajian inilah yang akhirnya berkembang dan membentuk kegiatan yang langsung dapat dirasa, berupa pendirian Panti Asuhan dan Pembimbingan Muallaf yang diberi nama “RIYAADLUL JANNAH BAITURRAHMAN”.


Dengan di ilhami kondisi dan kenyataan keseharian yang sering dilihat, bahwa ternyata banyak orang yang masuk Islam, tetapi kita orang Islam hanya dapat memberi tuntunan doa. Bagaimana kalau muallaf tersebut terusir dari keluarganya? bagaimana kelanjutannya untuk dapat menjadi seorang Islam yang benar? Apakah ada yang sudah memikirkannya? Untuk itulah akhirnya disepakati  kegiatan Riyaadlul Jannah disamping menampung dan mendidik anak yatim, sekaligus memberikan pengajaran dan membimbing muallaf  bagi yang memerlukan untuk mendapatkan  keislaman secara benar.

Setelah  terjadi komitmen dan terbentuk susunan kepengurusan, baru menyusun visi dan misi kemudian memberanikan diri “minta payung” ke Yayasan Masjid Raya  Baiturrahman. Respon dari Yayasan yang dikomandani Bapak Ismail (Mantan Gubernur Jateng) pun melegakan, karena bukan hanya “dipayungi’ bahkan  diperbolehkan memanfaatkan tanah wakaf milik Baiturrahman yang terletak di Jalan Jaten I Wolter Monginsidi untuk dimanfaatkan menjadi Gedung Panti Asuhan dan Pembimbingan Muallaf.

Dengan Visi Melalui Iman dan Taqwa kita tingkatkan kesejahteraan umat, membentuk dan melaksanakan  misi Melaksanakan Pengasuhan Anak Yatim, Yatim Piatu dan Duafa melalui peningkatkan pendidikan dan keimanan.

Tanggal 24 Mei  2004 komunitas pengajian ini menerima SK kepengurusan Panti Asuhan dan Pembimbingan Muallaf “Riyaadlul Jannah”  belum mempunyai modal apa-apa selain tekat dan semangat yang tinggi dari ibu-ibu. Perjuangan untuk dapat mewujudkan Panti Asuhan ini bukan tidak ada, dari mulai ketersinggungan, perdebatan, pelecehan, penghinaan, ancaman dan masih banyak lagi semua dianggap riak-riak yang menghidupkan gelombang yang dapat menggerakkan perahu Panti Asuhan.

Tanggal 1 April 2005 hampir 1 (satu) tahun usia kepengurusan, Alhamdulillah  bangunan sudah dapat dimulai, dan akhir Juli 2005 Gedung Panti Asuhan untuk tahap I sudah dapat dikatakan selesai dan dapat dimanfaatkan. Pembangunan tahap pertama yang dibangun adalah Gedung lantai satu untuk asrama, yang telah diresmikan dan dimanfaatkan pada tanggal 11 September 2005. 
Masjid Ali Usman
Tahap kedua pengurus berusaha mengumpulkan dana sambil membangun secara perlahan-lahan, dan Alhamdulillah ada donatur yang tergerak untuk bekerjasama membangun masjid, yang dengan tulus ikhlas bersedia membantu biaya pembangunan sebesar 60%. Sesuai dengan program pengurus, bahwa siapa  saja yang bersedia bekerjasama dalam pembangunan ruang atau masjid minimal 60% dari biaya pembangunan, maka nama donatur tersebut akan dijadikan nama ruang atau masjid tersebut.
Seletah pembangunan gedung dan masjid, melihat potensi yang ada, dan kemungkinan berkembangnya kegiatan-kegiatan yang ada, pengurus berencana membuka ladang amal lagi yang dapat dimanfaatkan bagi para muslimin dan muslimat yang berniat mengumpulkan bekal keakherat kelak berupa pemberian tanah wakaf. Wakaf tanah tidak harus berpuluh atau beratus meter yang berarti berpuluh atau beratus juta rupiah yang harus dikeluarkan. Cukup dengan Rp. 250,000,- sudah dapat berwakaf 1 meter tanah, karena wakaf tanah dapat dilakukan mulai 1 meter hingga tak terhingga. Para muslimin dan muslimat
dapat   bergabung   dengan   pewakaf   lainnya   bersama-sama        
membeli tanah untuk kegiatan panti asuhan, pembimbingan muallaf dan Rumah Tahfidz. Bagi siapa saja yang berwakaf, berapa meterpun akan mendapatkan bukti wakaf berupa Sertifikat Wakaf dari pengurus.
Rencana kedepan diluar pembanguan gedung dan pelebaran tanah lokasi, Panti Asuhan, Pembimbingan Muallaf dan Rumah Tahfidz “Riyaadlul Jannah” diharapkan dapat menampung anak-anak yatim piatu duafa, yatim duafa, duafa berprestasi dan muallaf yang memerlukan pengajaran lebih mendalam tentang keislaman. 
              
Media Ilmu Hendrar  Prihadi
 Tahap ketiga, pembangunan asrama putri yang dibangun diatas tanah wakaf ritel, penyelesaian pembangunannya 100% oleh Bapak Ali Usman. Gedung tersebut kami manfaatkan untuk asrama putri

2.        RENCANA KEDEPAN

Dari awal komunitas pengajian ini meminta payung ke Yayasan,  sudah   merencanakan  mau  membikin  rumah   tumbuh,   yang
dapat menampung anak-anak yatim dan duafa serta bisa dipakai untuk pembimbingan para muallaf yang memerlukan pembimbingan atau mau mempelajari tentang keislaman lebih mendalam. Untuk itu rencana bangunan yang  dibuatpun nampak besar agar dapat menampung banyak anak, dan bangunannyapun bukan asal bangunan, tetapi direncanakan dan dihitung dengan perhitungan yang benar pula.

Ini Contoh Sertifikat untuk Pewakaf


Diharapkan  Panti Asuhan ini dapat menjadi panti asuhan yang mencerminkan citra keislaman karena disamping dilengkapi dengan masjid juga disediakan perpustakaan yang menyediakan berbagai buku-buku tentang Islam dan buku-buku Umum, juga dilengkapi dengan sarana olah raga/kesenian dengan kondisi bangunan yang tidak  mewah, namun bersih.

Anak-anak yang ditampung disamping disekolahkan di sekolah-sekolah umum, pada sore hari diadakan  pelajaran tentang keislaman, malam harinya setelah sholat isya belajar dan persiapan sekolah esok harinya, tengah malam diadakan solat malam, setelah shubuh diwajibkan setor hafalan Al Qur’an. 

3.        KEGIATAN – KEGIATAN

Kegiatan-kegiatan Pengurus yang dilakukan selain mengaji mengerjakan kesekretariatan Panti Asuhan dan Pembimbingan Muallaf juga sekaligus mengumpulan dana baik dari pengurus maupun dari dermawan lainnya yang dipergunakan untuk operasional panti dan pengembangan panti. Selain kegiatan tersebut, kegiatan lainnya yang dikerjakan adalah menyantuni anak-anak yatim dan duafa pada hari-hari besar Islam melanjutkan kegiatan yang telah dilakukan sebelum panti berdiri dan aktif pada organisasi sosial lainnya.


Pengurus dan anak-anak asuh



Pada bulan Ramadhan, pengurus menggerakkan ibu-ibu orang tua murid TK dan SD H Isriati dan siapa saja yang mau menyumbangkan pakaian layak pakai. Dari pakaian layak pakai tersebut kita sortir dan diberi lebel harga, untuk dijual dengan harga murah kepada para fakir miskin, tukang becak, pembantu rumah tangga dan duafa lainnya, dengan harapan agar mereka juga dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan pakaian yang baru/bagus dan kegiatan tersebut dilakukan selama bulan puasa sampai dengan 1 minggu sebelum lebaran (bersamaan dengan masa sekolah TK dan SD H Isriati).

Dana yang dikumpulan dari hasil penjualan pakaian layak pakai tersebut, dibagikan kepada pegawai/petugas tukang sapu, penjaga WC, penjaga sendal, tukang parkir yang ada di Masjid Baiturrahman dan belum berstatus pegawai tetap dan tukang becak disekitar Masjid Raya Baiturrahman. Pembagiannya dalam bentuk uang, pakaian (baru) dan parcel.

        
Pemberian parsel kepada tukang becak


Untuk dapat menopang kebutuhan rumah tangga Panti, disamping donatur tetap dari para pengurus Panti Asuhan, juga telah dirintis usaha-usaha yang diharapkan kedepan dapat  membiayai kebutuhan rumah tangga Panti.
Usaha yang ada diantaranya adalah menyediakan pakaian seragam, kebutuhan sekolah dan beberapa makanan instan, yang tentunya semua barang yang dijual Insya Allah tidak menyaingi atau mematikan usaha orang lain. Dan yang jelas barang yang dijual benar-benar yang menunjang kebutuhan anak-anak kita.

Disamping usaha toko tersebut mulai bulan April 2008 juga telah dirintis penjualan barang-barang elektronik dan barang lainnya yang harganya diatas 1 (satu) juta secara kredit syariah. Kegiatan ini rintisan yang akan dipakai pendirian BMT. Sedangkan mulai bulan Desember 2012 juga telah dirintis usaha Warung Prasmanan

Kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan adalah merintis beberapa macam usaha dan menjalin kerja sama dengan beberapa sekolah SD dan SMP terdekat untuk memudahkan apabila ada tambahan anak-anak dan untuk mendapatkan bea siswa untuk anak-anak panti.

Dari kegiatan-kegiatan tersebut, pengurus berharap ladang amal yang telah dibuka ini dapat lebih memudahkan para muslimin dan muslimat bercocok tanam amal yang menjadi kewajibannya, disamping dapat lebih meningkatkan iman dan taqwa kita semua tentunya. Amin.

4.     Rumah Tahfidz

Peresmian Rumah Tahfidz

Mulai 6 November 2009, bekerjasama dengan PPPA Daarul Qur’annya Wisatahati yang dikomandanai Ustad Yusuf Mansyur, Panti Asuhan dan Pembibingan Muallaf Riyaadlul Jannah telah melebarkan sayap pelayanannya, bukan hanya  mengelola Panti Asuhan dan memberi bimbingan untuk muallaf, tetapi juga telah menjadi Rumah Tahfidz.
Rumah Tahfidz yaitu rumah tempat pembimbitan penghafal Al Qur’an, dengan  menjadinya Rumah Tahfidz, Riyaadlul  Jannah membuka seluas-luasnya kepada masyarakat segmen apa saja untuk belajar Al Qur’an pada tingkat apa saja. Dengan menjadinya Rumah Tahfidz ini juga berarti Riyaadlul Jannah telah mengembangkan target pelayanan dan pendidikan anak asuh, yang semula  targetnya adalah menjadikan anak mandiri dan harus lulus sekolah minimal setingkat SLTA, menjadi mandiri, lulus sekolah minimal setingkat SLTA dan harus HAFIDZ  


 ORGANISASI PANTI ASUHAN, PEMBIMBINGAN MUALLAF DAN RUMAH TAHFIDZ RIYAADLUL JANNAH BAITURRAHMAN

Para Pengurus Panti Asuhan, Bimbingan Muallaf
dan Rumah Tahfidz Riyaadlul Jannah
Para Pengasuh Panti Asuhan, Bimbingan Muallaf
dan Rumah Tahfidz Riyaadlul Jannah 







7 komentar:

Ceramah Dari Konsultan Bidang Kesehatan Ibu dr. Hj. Nahwa Arkhaesi, M,Si, Med, Sp.A Di LKSA Riyaadlul Jannah

Ahad, 10 Desember 2023 pengurus dan pengasuh LKSA Riyaadlul Jannah mengadakan pertemuan bulanan yang sudah lama berhenti. Kegiatan tersebu...